Cara Yang Benar Menambah Berat Badan

Bagi sebagian orang menambah berat badan mungkin bukan masalah. Tapi bagi sebagian orang lagi menambah berat bada bisa menjadi masalah bila merekatidka tahu bagaimana cara melakukannya.

Pertanyaannya, Bagaimana cara menambah berat badan dengan cepat dan tepat?


Pada dasarnya, cara paling efektif untuk menaikkan berat badan adalah dengan makan. Semakin banyak makanan yang kita konsumsi, maka semakin banyak nutrisi yang diserap tubuh. Dan peluang menaikkan berat badan semakin besar.

Menambah Berat Badan

1. Tingkatkan porsi makan / makan lebih sering

Dengan meningkatkan posri makan maka tubuh akan mendapat lebih banyak asupan untuk membentuk tubuh. Jika mengalami kesulitan dalam meningkatkan porsi makan maka bisa juga dengan cara lebih sering makan. Jika sebelumnya makan 3 kali sehari dalam porsi kecil maka bisa ditingkatkan menjadi 4 – 5 kali.

2. Utamakan mengkonsumsi makanan yang kaya protein (kualitas bukan kuantitas)

Makan makanan yang berkualitas meskipun dalam porsi lebih sedikit namun dampaknya akan lebih besar dalam menambah badan. Makanan kaya protein ini bisa dijumpai pada susu, daging, telur, ikan, sayur kacang-kacangan, dan banyak lagi lainya.

3. Lebih sering konsumsi makanan berkalori tinggi

Tidak berbeda jauh dengan makanan berprotein, makanan yang kaya kalori juga sangat di anjurkan agar proses penggemukan badan lebih cepat. Karena kalori sangat mudah di serap oleh tubuh, adapun jenis-jenis makanan yang kaya kalori yaitu es krim, roti gandum, puding, roti dengan mentega, dan masih banyak lagi lainya.

4. Hindari minum sebelum makan

Minum air putih sebelum makan sangat di anjurkan bagi mereka yang sedang berusaha diet, namun tidak di anjurkan bagi yang ingin menambah berat badannya. Minum air lebih dulu sebelum makan dapat menyebabkan perut merasa kenyang sehingga porsi makanan yang sanggup di tampung lambung pun berkurang karena telah terisi oleh minuman.

5. Perbanyak cemilan / ngemil

Cemilan bisa berdampak baik ketika ingin menambah berat badan, terutama bagi mereka yang kurang memiliki nafsu makan. Cemilan bisa mengantikan kebutukan kalori yang dibutuhkan untuk pembentukan tubuh.

6. Tidur/ Istirahat yang cukup dan teratur

Pola tidur yang tidak teratur sangat berdampak buruk bagi kesehatan, begitu juga bagi tubuh. Kurangnya tubuh beristirahat mengakibatkan tidak stabilnya proses metabolisme tubuh. Maka dari itu, usahakan memiliki tidur yang cukup dan berkualitas.

7. Olahraga secara teratur

Olahraga memang berfungsi membakar kalori dalam tubuh, namun hal itu juga berdampak pada perbaikan metabolisme tubuh. Sehingga akan berdampak pada meningkatnya nafsu makan. Selain itu, olah raga juga mampu meningkatkan masa otot tubuh sehingga tubuh akan lebih berisi.

Nutrisi untuk Menambah Berat Badan


Tidak semua makanan diperulakn tubuh. Apa yang diperlukan tubuh untuk menambah berat badan?

1. Protein

Protein sangat penting dalam proses penambahan berat badan. Anda dapat mengonsumsi makanan laut seperti salmon dan tuna karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Disamping itu lengkapi dengan susu skim dan selai kacang.

2. Kolesterol Baik

Tubuh butuh asupan kolesterol untuk menambah berat badan. Pilihlah kolesterol baik yang terkandung dalam ikan bakar dan telur mentah. Telur mengandung banyak nutrisi penting yang dapat mengatasi kekurangan nutrisi. Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond untuk menambah asam lemak Omega-3.  

3. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat sangat penting untuk dikonsumsi agar tubuh bisa mendapatkan energi. Karbohidrat yang masuk ke tubuh akan pecah menjadi gula dan kemudian memberi energi ke tubuh dan sisanya akan tersimpan sebagai lemak. Maka dari itu, pilih karbohidrat kompleks untuk mengurangi penyimpanan lemak. Mengganti nasi putih dengan nasi merah dan roti dengan roti gandum akan membantu Anda mendapat karbohidrat kompleks.

4. Lemak

Kita selalu berpikir bahwa lemak perlu dihindari karena akan membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal tubuh juga membutuhkan asupan lemak. Oleh karena itu makanan berlemak sangat dibutuhkan oleh orang dengan berat badan kurang. Tetapi pilihlah lemak yang baik seperti yang terkandung dalam mentega dan keju.
Next Post Previous Post