Manfaat Buah Pinang

Saat ini didaerah saya sering datang tengkulak yang mencari buah pinang. Harganya mencapai Rp. 5500,- / kg. Menurut masyarakat dilingkungan saya harga ini sudah terbilang mahal. Karena dulu harganya hanya Rp. 3.000,- Terus saya penasaran apa sebenarnya manfaat pinang itu?


Setahu saya pinang digunakan sebagai bahan untuk makan sirih. Nyirih melibatkan 3 bahan utama yaitu, daun sirih sebagai pembungkus, kapur, dan buah pinang, ditambah dengan gambir. Kemudian dikunyah secara terus menerus hingga dirasa sudah saatnya untuk dibuang dari mulut. Kegunaan lain yang paling populer dari buah tropik ini adalah untuk pelengkap pada acara-acara tertentu, terutama untuk acara ritual kepercayaan.

Saat ini telah ditemukan beberapa manfaat dari buah pinang. diantaranya adalah :

Manfaat Buah Pinang

Mencegah gigi berlubang

Terbukti dari para orangtua yang suka makan sirih, gigi mereka utuh walau sudah tua. Ditambah sirih bisa jadi memiliki sifat efek antibakteri, sehingga banyak dimasukkan sebagai bahan tambahan untuk pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang.

Skizofrenia

Menurut NIH, penelitian awal menunjukkan bahwa perbaikan gejala pada pasien skizofrenia yang melakukan nyirih. Obat skizofrenia standar yang sudah ada diketahui menghasilkan efek samping yang tidak menyenangkan, sehingga mendorong upaya lebih lanjut untuk menemukan cara pengobatan baru. Akan tetapi NIH juga mencatat bahwa pinang juga menghasilkan efek samping tremor dan kekakuan dalam sebuah penelitian skizofrenia.

Mengatasi mulut Kering

Orang yang mengunyah sirih cenderung menghasilkan air liur yang banyak, sehingga hal ini dapat membantu orang dengan mulut kering yang bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti diabetes dan sindrom Sjogren. Namun InteliHealth menjelaskan bahwa ada obat yang lebih aman yang tersedia untuk meringankan gejala ini.

Membasmi cacing

Buah pinang yang dikunyah secara alami dapat mematikan cacing yang berdiam didalam tubuh atau usus manusia. Hal ini juga telah banyak digunakan dalam peternakan ayam untuk membasmi penyakit  cacingan pada ayam ayam. Menghilangkan cacing yang tidak mudah dilakukan dengan menggunakan obat-obatan, bisa mencoba untuk memanfaatkan buah pinang ini. Akan tetapi, sebaiknya penggunaan sirih dihentikan, jika dirasa sudah terbebas dari cacingan, karena penggunaan dalam jangka panjang dikatakan beresiko meningkatkan kanker.

Anemia :

Penelitian awal melaporkan bahwa nyirih dapat mengurangi gejala anemia pada ibu hamil. Namun Alasan untuk penemuan ini masih tidak jelas, dan mengunyah mungkin tidak aman bagi wanita selama hamil.

Buah Pinang, Penambah Stamina Pria

Buah Pinang juga dipercaya dapat meningkatkan stamina pria dewasa, khususnya mereka yang sudah berkeluarga. Buah Pinang bisa dibuat jus yang juga dicampur dengan berbagai macam bahan. Khasiat dari jus buah Pinang tersebut diketahui dapat meningkatkan vitalitas pria. Bagaimana caranya? silakan baca Cara meningkatkan vitalitas pria dengan buah pinang.
Next Post Previous Post