Tips Menghilangkan Komedo Diwajah Tanpa Membuat Kulit Memerah

tips menghilangkan komedoApa itu komedo? Menurut wikipedia Komedo adalah pori pori diwajah yang bisa terbuka dan tertutup. Terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Komedo sendiri ada dua jenis yaitu komedo hitam dan komedo putih atau yang dikenal dengan istilah blackhead dan whitehead.

Blackhead adalah jenis komedo yang tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Terjadi ketika pori-pori membesar dan terbuka ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, lalu teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam/coklat. Komedo jenis ini adalah komedo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang.

Whitehead adalah jenis komedo yang tampak seperti bintik-bintik kecil yang berwarna putih atau kuning. Komedo jenis ini terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.

Penyebab timbulnya komedo

Komedo timbul karena banyak hal yang dapat menyebabkannya diantaranya adalah Produksi minyak yang berlebih. Saat wajah berminyak, maka kotoran akan mudah menempel. Hal itulah yang akan menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo.
Kedua adalah menggunakan makeup berlebihan. MakeUp berlebihan juga menjadi pemicu timbulnya komedo. Apalagi sisa makeup tidak dibersihkan. Karena itu harslah makeup dibersihkan setelah menggunakannya dengan bahan alami yang tidak membahayakan.
Ketiga adalah gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minuman beralkohol juga bisa menjadi penyebab timbulnya komedo. Keempat adalah stres. Stres berlebihan membuat kulit tidak sehat karena itu anda perlu olahraga dan refreshing.
Kelima adalah Makanan. Makanan cepat saji atau Junkfood juga bisa menjadi pemicu timbulnya komedo. Termasuk juga makanan yang mengandung lemak tinggi.
Baca Juga tips mengatasi kulit kering pada wajah

Cara Cepat Menghilangkan Komedo

Cara cepat menghilangkan komedo diwajah adalah dengan memencetnya. Begitu selesai dipencet komedo akan segera keluar. Tapi kulit akan terasa sakit dan warna memerah. Ada cara yang lebih baik ketika dalam keadaan tergesa gesa untuk menghilangkan komedo tapi kulit tidak terasa sakit. Bagaimana caranya?
  • Cuci wajah dengan air bersih
  • Campurkan cleansing susu dan scrub wajah terus gunakan. Pijat wajah dengan merata pada bagian yang berkomedo.
  • Cucilah wajah dengan sabun pencuci muka hingga bersih.
  • Keringkan wajah dengan cara menempelkan handuk pada wajah.
  • Gunakan toner tambahan, jika jenis kulit wajah anda berminyak.
  • Lakukan penguapan selama 15 menit untuk melenturkan komedo agar menjadi lebih mudah terlepas dari pori-pori. Bisa juga dengan menggunakan retinol atau arbutin.
  • Setelah itu, cobalah untuk memencet komedo secara perlahan.
Dengan cara ini anda dapat mengeluarkan komedo tanpa membuat kulit anda memerah. Semoga berhasil.
Next Post Previous Post