Khasiat Minyak Wijen Bagi Kesehatan serta Kecantikan Tubuh

Kadang kala dalam resep tertentu kita memasukkan minyak wijen sebagai pelengkap dalam masakan kita. Nah bagaimana sebenarnya manfaat winyak wijen tersebut bagi kesehatan tubuh kita.

Memijat wajah menggunakan minyak wijen akan membantu menghilangkan stres, serta menjadikan kulit tampak lebih muda dan sehat.

Manfaat minyak wijen untuk kesehatan dan kecantikan


Anti-oksidan
Anti Oksidan memang dimiliki oleh Minyak wijen untuk menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kulit tampak lebih tua.

Minyak wijen dengan mudah menembus kulit dan memberikan makanan bagi sel.
Ahli ayurveda merekomendasikan untuk mendapatkan manfaat antioksidan secara maksimal, hanya gunakan minyak wijen organik dan panaskan hingga 100 derajat Celsius kemudian biarkan dingin sebelum digunakan.

Antibakteri
Minyak wijen mampu menghancurkan patogen kulit. Mengoleskan minyak wijen pada kulit dapat membantu mencegah jerawat, ruam, dan gangguan kulit lainnya.

Efek Menenangkan
Kerutan akan lebih mudah muncul ketika kita mengalami stres. Memijat wajah akan membantu meredakan ketegangan dan kontraksi pada otot wajah sehingga membuat Anda tampak lebih muda. Minyak wijen juga membantu meringankan insomnia dan mencegah migrain.

Moisturizing
Minyak wijen bisa melembutkan kulit, mengurangi kekeringan kulit, dan membantu kulit mempertahankan kelembaban. Minyak wijen bahkan dapat digunakan untuk membantu orang yang mengalami eksim atau psoriasis.

Meredakan Nyeri
Minyak wijen memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit di daerah wajah dan tempat lain di tubuh.

Mencegah Kanker
Penyembuh Ayurvedic lazim menggunakan minyak wijen untuk menghambat pertumbuhan kanker kulit.

Perlindungan kulit
Minyak wijen baik diterapkan setelah mengalami paparan sinar matahari untuk menangkal efek buruk sinar matahari.

Untuk perenang, minyak wijen membantu melindungi efek klorin pada kulit.
Ayurveda merekomendasikan penggunaan minyak wijen pada orang yang menjalani kemoterapi untuk meminimalkan efek radiasi pada kulit.

Selain itu Ada manfaat lain bagi tubuh seperti dikutip dari vemale.com

Manfaat minyak wijen dalam masakan

Menurunkan tekanan darah tinggi Kandungan sesamin dan sesamol yang merupakan lemak baik di dalam minyak wijen dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan aman.

Mencegah kanker
Aneka gorengan, makanan siap saji cenderung membawa ancaman kanker pada wanita, baik kanker rahim, kanker payudara, kanker usus, dan lain sebagainya. Nah, mengatasi hal ini Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Minyak wijen inilah yang bisa menjadi salah satu solusi makanan sehat. Mengandung antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas, minyak wijen akan menjauhkan dari ancaman kanker, serta penyakit berbahaya lainnya.

Menurunkan kolesterol
Karena kandungan HDL (lemak baik) di dalam minyak wijen, maka ia efektif membantu menurunkan LDL (lemak jahat). Konsumsinya tentu saja tidak boleh berlebihan. Dapat digunakan sebagai bahan campuran salad atau menumis.

Mencegah darah tinggi
Sebuah penelitian di Jepang membuktikan bahwa minyak wijen efektif membantu mencegah darah tinggi. Kandungan sesaminnya ampuh dijadikan salah satu bahan diet. Dan apabila dikonsumsi secara rutin maka dapat mencegah darah tinggi.

Menambah aroma dan rasa
Kelebihan minyak wijen dibandingkan minyak nabati lainnya adalah memaksimalkan aroma dan rasa. Minyak wijen ini bisa dijadikan bumbu yang membuat masakan semakin sedap.

Mengontrol diabetes
Kontrol diabetes Anda dengan mengonsumsi minyak wijen. Kandungan magnesiumnya dapat melindungi kebutuhan insulin sehingga cocok dikonsumsi mereka yang menderita diabetes.

Menyehatkan usus
Bila Anda memiliki problem pencernaan, maka Anda disarankan mengonsumsi minyak wijen dan menggantikan minyak lainnya. Minyak wijen telah terbukti dapat menyembuhkan segala problem pencernaan serta menyehatkan usus.

Kesehatan rongga mulut
Dan uniknya lagi, minyak wijen ini dapat membantu menjaga kesehatan rongga mulut. Secara alami ia akan membantu melawan pembentukan plak dan karang gigi, serta menjaga agar mulut tetap higienis.

Saat ini anda sudah dapat dengan mudah menumukan minyak wijen misalnya di supermarket.
Next Post Previous Post