Apa itu Merica

Ketika belajar memasak, baik itu bikin kue maupun masak sayur, mungkin adik adik remaja putri bingung dengan beberapa bumbu yang digunakan. Misalnya merica. Apa itu merica ?

Merica adalah lada, rempah-rempah. Bentuknya seperti butiran-butiran kecil.Sekarang sudah banyak yag dihaliskan menjadi berbentuk bubuk. Lada atau merica ada dua macam. ada lada putih ada lada hitam.

Perbedaan lada hitam dan lada putih

Lada, Piper nigrum, adalah tanaman merambat. Buahnya biasanya dimanfaatkan untuk bumbu makanan. Lada dipasarkan dalam dua bentuk yaitu lada hitam dan lada putih.

Baik lada putih maupun hitam mempunyai perbedaan di waktu memanen. Memetik buah saat masih hijau akan menghasilkan lada hitam, sedangkan memetik buah yang matang menghasilkan lada putih. Lada hitam lebih menyengat.

Cara mengolahnya saja yang membedakan lada hitam dengan lada putih. Lada hitam dihasilkan jika buah lada dipetik sebelum matang kemudian dikeringkan yang biasanya mengunakan terik matahari sampai warnanya hitam. Sesudah itu buah lada direndam dalam air sampai kulitnya mudah terkelupas.

Sedangkan lada putih hanya dipetik sampai buah lada matang dipohon. Sesudah itu dicuci menggunakan air mengalir.


Khasiat Merica atau Lada

  • Hawa panas yang ditimbulkan tanaman dengan nama latin piper nigrum ini mampu membuat badan menjadi segar, oleh karena itulah banyak orang memanfaatkanya sebagai obat pendongkrak stamina pria ketika akan berhubungan suami istri. Caranya dengan mencampurkan bubuk merica atau lada ini dengan telur ayam kampung setengah matang.
  • Lada atau merica juga banyak digunakan sebagai obat pengusir hawa dingin, biasanya dicampur pada kopi atau seduhan jahe. Minuman dengan campuran merica atau lada ini biasanya banyak digunakan didaerah yang berhawa dingin atau pegunungan.
  • Sebagai obat asma, masuk angin dan diare . Caranya cukup ambil satu sendok makan bubuk lada, kemudian seduh dengan dua gelas air panas. Aduk hingga rata dan biarkan sejenak sampai berubah menjadi hangat atau suam-suam kuku, minum obat ini dua kali sehari sampai penyakit asma, diare dan masuk angin anda mereda.
  • Khusus bagi penderita asma, ramuan obat ini bisa dijadikan sebagai obat rutin, terutama dimusim penghujan karena biasanya penyakit asma sering kumat ketika musim dingin tiba.

Next Post Previous Post