Jenis Jenis Beras dan Kandungan gizi serta resep beras

mengenal berasBeras adalah bahan pembuat nasi. Beras sendiri merupakan bulir padi yang telah dipisahkan dari kulitnya. Bulir Padi yang masih berkulit dinamai gabah. Sementara Kulit beras dinamai sekam.

Untuk mendapatkan beras, petani tradisional biasanya menumbuk padi sehingga kulitnya terlepas. Tapi cara modern sudah menggunakan mesin penggiling, sehingga proses membuat beras sudah lebih mudah.
Ada banyak macam warna beras Ada yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam.

Beras dari padi ketan disebut ketan. Beras Ketan ada 2 macam. Ada yang putih ada yang hitam. Untuk yang berwarna hitam disebut Ketan hitam.

Jenis Jenis Beras

Ada banyak macam jenis beras. Nah disini setidaknya ada 4 jenis beras dikutip dari laman agen-beras.com.
  1. Pandan wangi merupakan jenis paling popoler. Beras ini memiliki ke khasan tersendiir yaitu wangi yang khas seperti pandan. Karena harganya lebh mahal dari yang lain, maka banyak pedagang curang memberi pewangi pada beras biasa. Untuk itu kita harus hati-hati agar tidak salah membeli beras yang diberi pewangi. Cara untuk membedakannya adalah dari bentuk, yaitu pandan wangi yang asli memiliki bentuk yang agak bulat bukan memanjang. Selain itu, warna dari pandan wangi ini adalah agak sedidikit kekuningan dan juga bening.
  2. Setra Ramos atau disebut juga IR 64 adalah yang paling banyak berada di pasaran karena harga yang sangat terjangkau. Dan biasanya beras ini paling cocok dengan selera masyarakat. ciri utamanya adalah bentuknya yang agak panjang dan tidak bulat. Beras ini sangat pulen jika dimasak menjadi nasi, namun saat usianya sudah terlalu lama atau biasaya lebih dari tiga bulan, maka beras macam ini mudah basi ksaat dibuat menjadi nasi.
  3. Beras Rojolele. Untuk beras yang satu ini, ciri utamanya adalah bentuk yang bulat dan ada sedikit bagian yang warnanya putihh susu. Namun sebutan rojolele ini hanya berada di jawa tengah dan jawa timur saja. jika ke jawa barat, maka namanya berubah menjadi beras muncul.
  4. IR 42 ini memiliki bentuk yang mirip dengan IR 64 namun ukuran yang dimiliki lebih kecil. Biasanya beras ini banyak digunakan untuk membuat lontong, ketupat, nasi goring, nasi uduk, dan yang lainnya karena saat dimasak tidak pulen. 5. Beras C4 adalah beras yang sangat jarang ditemui karena petani yang menanam pun jarang. Bentuknya mirip dengan IR42 namun agak bulat.

Beberapa Nasi yang dapat dibuat dari beras
  1. Nasi Lemak Bianti Khas Sumatra Barat
  2. Resep Nasi Campur Kunyit - New !!
  3. Resep Nasi Gurih Rasa Kambing
  4. Resep Nasi Kari
  5. Resep Nasi Kukus Berbumbu
  6. Resep Nasi Pecel Madiun
  7. Resep Nasi Tumis Daging Kukus
  8. Resep Sushi Jepang

Kandungan Gizi Beras.


Beras, putih, panjang, biasa
Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi1.527 kJ (365 kcal)
Karbohidrat79 g
- Gula0.12 g
- Serat pangan1.3 g
Lemak0.66 g
Protein7.13 g
Air11.62 g
Thiamine (Vit. B1)0.070 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2)0.049 mg (3%)
Niacin (Vit. B3)1.6 mg (11%)
Asam Pantothenat (B5)1.014 mg (20%)
Vitamin B60.164 mg (13%)
Folat (Vit. B9)8 μg (2%)
Kalsium28 mg (3%)
Besi0.80 mg (6%)
Magnesium25 mg (7%)
Mangan1.088 mg (54%)
Fosfor115 mg (16%)
Kalium115 mg (2%)
Seng1.09 mg (11%)
Persentase merujuk kepada re
Next Post Previous Post